Skripsi Kakak saya : Wow Amazing……!!


Malam Valentine kemarin (tepatnya tanggal 13 Februari 2012), suatu hal yang tidak kuduga, aku bisa share dan ngomong heart to heart dengan kakak kandungku sendiri. Waktu itu dia ada dikosan aku, karena dia mengunjungi aku dimasa-masa yang sukar ini, dikala aku mendapat penyakit yang menurutku cukup serius.

Kami berbicara banyak hal, khususnya dalam hal tugas akhir dan keluarga kami.  Awalnya kami makan malam bersama, setelah akuselesai mengajar privat dan setelah kakakku ga makan seharian karena keasyikan belanja tadi siangnya heheh (gubrak). Kakak bercerita banyak hal tentang bagaimana hidupnya, tentang bagaimana dia melihat mujizat dan keajaiban pertolongan Tuhan dalam skripsinya.

Awalnya dia juga ragu dan takut apakah dia bisa mengerjakan skripsi itu dengan baik dan apakah skripsinya bakal menjadi skripsi yang bagus atau skripsi abal-abal.  Puji Tuhan dia mendapatkan dosen yang baik dan penuh perhatian. Dia mulai mengerjakan skripsi itu bersama dengan tuntunan Tuhan. Banyak kesulitan yang dia hadapi, bahkan pernah seharian atau mingguan dia hanya mempelajari suatu hal yang dia tidak mengerti. Sampai pada akhirnya dengan pertolongan Roh Kudus, dia mengerti materi yang dia pelajari itu. Amazing. Walau 2-3 bulan sempat tertunda skripsinya dikarenakan adanya mata kuliah yang lain, tetapi, skripsinya tidak pernah terlambat untuk dia kejar.  Pada saat memulai pengolahan data untuk skripsinya itulah yang membuat dia sangat lambat, karena dia harus mempelajari materinya terlebih dahulu. Awalnya dia berdoa kepada Tuhan supaya skripsinya tidak menjadi skripsi abal-abal tetapi benar2 skripsi yang memberkati bangsa😀.  Tetapi seiring berjalannya waktu, dia hampir saja sudah pasrah/kehilangan harapan akan skripsi yang terbaik yang dia capai. Karena dia harus segera menyelesaikannya, oleh karena itu dosennya menganjurkan untuk mengambil data sekunder saja dari data umum yang ada, sehingga skripsinya menjadi pengolahan data yang kuantitatif, bukan kualitatif. Hal inilah yang membuatnya tidak terlalu berharap lagi bahwa skripsinya bisa berguna memberkati bangsa. Tetapi Tuhan itu ajaib dan setia! Dia selalu mendengar dan mempermuliakan anakNya supaya setiap orang diberkati. Hari sidang pun dimulai, dan taukah kalian, bahwa kakak saya hanya sidang selama 40 menit, 20 menit presentasi dan 20 menit tanya jawab, itupun tanya jawabnya tidak seberapa hanya untuk merevisi saja, dan alangkah ajaibnya Tuhan, revisian skripsinya sedikit sekali. Dan tidak hanya itu saja, buku skripsi yang dibuat oleh kakak aku ini bahkan direkomendasikan untuk diuji oleh dosen spesialis (bukan penguji biasa), yang nantinya akan dijadikan bahan untuk transformasi undang-undang pemberdayaan wanita (topik skripsi kakak saya ini mengenai pemeliharaan dan pemberdayaan wanita, jurusan fakultas kesehatan masyarakat UI). Saat dia mendengar hal ini, dia hanya bingung dan terkagum-kagum… dan berkata bahwa ” Tuhan, Engkau ajaib dan setia, aku heran bahkan skripsiku akan dihargai sejauh ini…”. Ini bukti bahwa Tuhan mau skripsi yang kakakku kerjakan dapat memberkati bangsa-bangsa (apalagi sudah mau diuji menjadi bahan transformasi undang-undang tersebut). WOW….!! bukankah ini yang dinamakan memberkati bangsa?? padahal awalnya dia sudah pasrah apakah skripsinya bisa sebagus itu? Kalau bukan pekerjaan Tuhan, siapa lagi?

Saya yang mendengarkannya begitu kagum sekali. Dan kakak saya menguatkan saya lewat kesaksian itu, bahwa bersama Tuhan tidak ada yang sukar, tidak ada yang mustahil. Dia mengingatkan bahwa bagian saya adalah nilai skripsi yang terbaik, bukan DO, bukan TA yang jelek (nilai E), tetapi TA yang terbaik, TA yang berjalan lancar dan membuat banyak orang terkagum. Walau aku belum melihat hal itu, aku tetap mau percaya bahwa itulah bagianku.  Aku tidak tahu apakah aku bisa selesai dalam 3 minggu ini (menuju deadline sidang 7 maret 2012). Padahal skripsiku juga belum ada apa-apanya. Tetapi aku mau percaya kalau Tuhan saja mengasihi banyak orang seperti kakak aku, dan mempermuliakannya, maka Tuhan juga melakukan hal yang sama dalam hidupku sebagai anak-Nya yang kekasih. Aku percaya waktu yang 3 minggu ini lebih dari cukup, karena Tuhanlah yang besertaku, Tuhanlah pertolonganku. Aku mau lakukan yang terbaik dan tetap mau berserah pada Tuhan. Aku mau melihat mujizat Tuhan bekerja dalam skripsiku. Kalau Dia sanggup menciptakan dunia dalam 6 hari, pasti Dia sanggup menolongku menyelesaikan skripsiku sebelum Selesai deadline sidang. Bagi-Nya ini perkara yang sangat mudah.Tak ada yang mustahil bagi Tuhan!

Nantikan ceritaku bersama dengan Tuhan dalam skripsiku berikutnya yah……  Praise Amazing God!!

2 responses to “Skripsi Kakak saya : Wow Amazing……!!

Leave a Reply

